Home Tugas News Gunadarma 21cineplex

Aku adalah seorang yang memiliki ambisi besar untuk mendapatkan apa yang kuingin dengan caraku (tapi halal), aku seorang yang akan membahagiakan kedua orang tua ku kelak, aku seorang yang kan selalu mencitai orang yang menyayangi ku dan setia pada ku, dan aku akan terus berusaha, berdoa dan pasrah kepada MU ya Allah Next Hero: Plastic Friend or Foe

Selasa, 29 Desember 2009

Plastic Friend or Foe


* Kenali 7 jenis plastik polymer di dekat kita
1. Polythylene Teruthalater (PET/PETE) Karakternya bening, kuat, keras, dan mempunyai pemisahan untuk gas dan kelembaban. (Biasanya digunakan untuk mengemas minuman ringan, air mineral atau pembungkus).

2. High Density Plyethlene (HDPE) Karakternya kuat, kaku, keras dan tahan lembab dan mempunyai pemisah gas. (biasanya digunakan untuk mengemas susu, yoghurt, jus, dan kamtong sampah).

3. Polyvinyl Chloride (PVC) Karakternya mudah dibentuk, tidak tetap, bening, kuat, dan keras.(biasanya digunakan untuk botol minuman mineral dan jus).

4. Low Density Polyethlene (LDPE) Karakternya mudah diproses, kuat, keras, fleksibel, dan mudah disegel.(biasanyadigunakan untuk membungkus makanan supaya awet).

5. Polypropylene (PP) Biasanya digunakan untuk tube mentega, pembungkus yoghurt, bahkan bisa digunakan sbg piring atau gelas.

6. Polystyrene (PS) Karakternya mudah dibentuk dan digunakan untuk pembungkus telur.

7. Kombinasi Polymer Plastik yang dibuat tergantung pada polymer atau kombinasi pada polymer.(biasanya dignakan untuk mamproduksi botol susu bayi).

* Yang perlu diwaspadai adalah plastik no.3 (PVC) dan no.6 (PS). sebab jika digunakan secara berkepanjangan kemungkinan akan terserang kanker. Dampak baru akan dirasakan 15 -20 tahun kemudian.

Sumber : Majalah Kartika edisi63 Oktober 2008 hal.79.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar